Tuesday, March 8, 2016

Destinasi Wisata Bahari di Ende, NTT




Pantai Ria Ende


Pantai Ria merupakan salah satu andalan tempat rekreasi, kita dapat melihat keindahan pantai yang dihiasi dengan deburan ombak serta pemandangan alam yang terbentang, dan terlihat juga dengan jelas pemandangan sunset di sore hari.








Para pengunjung Pantai ria duduk bercengkrama sambil menikmati suguhan minuman ( soft drink, kopi, susu dan sebagainya ), serta jajanan lokal ( pisang dan ubi goreng ), yang di jual oleh pedagang di sekitar lokasi pantai tersebut, dapat menikmati keindahan panorama sunset, dan melihat aktivitas nelayan di laut dengan kesibukan bongkar muat barang di pelabuhan Ende.




Batu Hijau di Pantai Pengganjawa



Pantai yang indah, serta hamparan batu berwarna dengan domain warna biru, hijau serta coklat di sepanjang pesisir pantai penggajawa. Yang dapat dilakukan pengunjung pantai penggajawa dan batu hijau seperti mandi, berenang, memancing sambil menikmati batu yang mempunyai warna yang begitu indah serta bentangan alam pesisir selatan yang memukau.
Disekitar pantai penggajawa dan batu hijau ini belum terdapat penginapan maupun hotel, jadi bagi para pengunjung dapat menginap pada hotel yang berada pada pusat kota. Sejauh yang kami amati belum ada atau belum tersedia kuliner di sekitar pantai ini, hanya terdapat kio-kios kecil milik para penduduk yang ada disekitar pantai penggajawa, untuk itu disarankan kepada pengunjung agar membawa makanan yang tersedia di rumah makan di pusat kota.
Pantai penggajawa dan batu hijau terletak kira-kira 29 Km arah barat kota Ende, para pengunjung Pantai penggajawa dan Batu hijau dapat menggunakan kendaraan pribadi (Mobil, Motor), serta angkutan umum.



 Pantai Mbu'u


Lokasinya kira-kira 5 km dari pusat kota dan dapat ditempuh selama 15 menit menggunakan transportasi umum atau sepeda motor. Sangat kondusif untuk melakukan aktivitas rekreasi mingguan bagi masyarakat kota. 
Memancing, berenang sambil bercengkrama bersama keluarga merupakan pilihan yang menarik, sambil menikmati suguhan kelapa muda. Hal lain yang menarik adalah pandangan lepas kearah gunung Meja dan Ia serta pulau Koa yang mungil dan kokoh, tak bergeming menahan setiap hempasan gelombang datang dan pergi.
Kesibukan nelayan yang sedang mencari ikan juga menghiasi indahnya panorama pantai Mbu’u. Juga merupakan lokasi alternative untuk menyaksikan matahari terbit yang selalu setia muncul dari balik pundak bukit pada pagi hari.



Pantai Mau Karo


Terletak di wilayah Kecamatan Maukaro, dengan jarak sekitar 56 km dari pusat kota Ende melalui wilayah Kecamatan Nangapanda dan sekitar 87 km melalui wilayah Kecamatan Wewaria yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Pantai berpasir putih yang merupakan salah satu lokasi rekreasi masyarakat. Pantai berair jernih dengan riak ombak yang kecil membuat para pengunjung tak berpaling. Di lokasi ini wisatawan dapat juga menikmati ikan bakar.



Pantai Jaga Po


Hamparan Pantai berpasir putih di desa Kobaleba, Kecamatan Maukaro. Kira-kira 61 km dari pusat Kota Ende melalui wilayah Kecamatan Nangapanda dan 82 km melalui wilayah Kecamatan Wewaria . 
Tempat yang masih alamiah, belum terjamah merupakan lokasi yang sangat ideal bagi yang ingin menikmati privacy.. Menuju lokasi pantai ini dapat melalui dua jalur yaitu jalur melalui Kecamatan Nangapanda dan jalur melalui Desa Mukusaki Kecamatan Wewaria.



Pantai Enabara Maurole


Pantai Enabara sebuah lokasi yang alami dan asli dan belum tersentuh sama sekali,dan merupakan primadona pantai utara, hamparan pasir putih, dengan air laut yang jernih, yang terlihat seperti gradasi, mulai dari warna hijau tosqa hingga ke biru gelap yang artinya air laut tersebut dalam.
Di kejauhan terlihat sebuah gunung berapi Rokatenda yang terletak di pulau palu’e, serta langit biru dan awan berarak yang semakin menambah keindahan pantai enabara, serta pemandangan sunset yang mempesona.
Aktivitas,Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu selain menikmati keindahan pantai enabara, para pengunjung juga dapat melakukan aktifitas seperti mandi, berenang, memancing, serta menikmati udara yang dapat menyegarkan pikiran dan melepas kepenatan.
Pantai Enabara terletak di kecamatan maurole, jarak tempuhnya sekitar 1 jam 45 menit dari pusat kota, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi (Mobil,Motor), serta angkutan umum.


Museum Bahari Ende


Museum Bahari terletak di jalan Mohamad Hatta, kira-kira 100 meter dari taman kota, di sini dapat dilihat kerangka/tulang ikan Paus, lumba-lumba, anjing laut, aneka jenis reptile, terumbu karang dan sejenis ubur-ubur.
Selain spesies-spesies laut/air, museum bahari juga mengoleksi beberapa jenis binatang/hewan yang memiliki keunikan seperti ayam berkaki tiga, berkaki empat yang telah diawetkan. Museum Bahari juga sering digunakan oleh kalangan Pelajar dan Mahasiswa di sekitar Kota Ende sebagai sarana/fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran/penelitian.


Sumber : http://tourism.nttprov.go.id

1 comment: