Thursday, March 10, 2016

Destinasi Wisata Bahari di Manggarai, NTT



Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Saat matahari terbenam, Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan efek yang ajaib, seajaib apa, Anda harus datang dan menyaksikannya sendiri.



Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Komodo dan Flores, hotel berbintang semakin bertambah. Di Labuan Bajo Anda akan menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, liveaboards untuk membawa Anda ke Taman Nasional Komodo, atau pergi menyelam di perairan yang masih murni. Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk membawa Anda berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere.

Anda dapat membeli suvenir di toko-toko suvenir di Labuan Bajo, khususnya di Jalan Yos Sudarso. Di sana, Anda dapat menemukan kain ikat lokal dan kain songket tenun, dan patung kayu komodo. Pedagang asongan juga menjual kalung budidaya mutiara yang gagal, yang dirangkai menjadi suvenir yang indah.
Anda dapat menyewa mobil dari bandara Labuan Bajo untuk berkunjung ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, saat ini harga yang ditawarkan berkisar Rp500,000,00 per hari. Hotel dapat membantu Anda mendapatkan mobil sewaan.
Untuk mobilitas Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, tetapi hanya beroperasi sampai 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, kapal motor dan kapal cepat tersedia di pelabuhan.
Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan masih kosong, Anda bisa merebahkan tubuh di atas pasir sambil menikmati cahaya matahari menyirami tubuh Anda, atau coba juga kegiatan lainnya seperti: berjemur, menyelam atau snorkeling.
Hotel biasanya memiliki restoran sendiri. Restoran Gardena (di Hotel Gardena), misalnya, adalah restoran favorit para pengunjung. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan Eropa dan Indonesia. Restoran ini terkenal dengan ikan asam manisnya (Kerapu atau ikan tuna) dan pemandangannya yang menakjubkan saat matahari terbenam. Restoran lainnya antara lain adalah Paradise Bar dan Lounge (dekat Golo Hilltop), Arto Moro, dan Matahari (Paradise dan Matahari memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah).
Labuan Bajo memiliki banyak hotel untuk para backpacker, juga memiliki hotel-hotel mahal dan mewah. Saat ini, Hotel Bintang Flores, (0385-42000 / www.bintangflores.com) yang terletak di pantai Pede, adalah hotel terbaik dan paling mewah di Labuan Bajo. Hotel bintang empat ini memiliki restoran, bar, kolam renang, toko peralatan menyelam, dan fasilitas internet. Tingkat harganya dalam dolar Amerika.
TransNusa bekerja sama dengan Aviastar mengoperasikan penerbangan sebanyak dua kali setiap harinya dari Denpasar (Bali) ke Labuan Bajo, berangkat dari Bali pukul 08.00 dan tiba di Labuan Bajo 12.00 siang. Penerbangan memakan waktu sekitar 1 jam. Sementara mulai 27 Mei, Batavia Air telah memulai penerbangan harian mereka dari Denpasar-Labuan Bajo pukul 09.00 dan kembali dari Labuan Bajo pukul 10.45.
TransNusa juga memiliki 3 penerbangan mingguan dari Bali ke Maumere menggunakan Jet Ba3-146 dengan kapasitas 82 kursi. Selain itu TransNusa juga terbang dari Bali ke Ende dan Kupang (Timor) ke Ruteng pada hari Rabu, Jumat dan Minggu, dan Kupang (Timor) – ke Labuan Bajo setiap hari. TransNusa juga melayani Kupang - Larantuka.
Batavia Air telah mulai beroperasi dari Surabaya-Denpasar-Kupang-Maumere-Kupang menggunakan pesawat jenis B737-200. Penerbangan ke Maumere 4 kali seminggu pada hari Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu.
Sedangkan Merpati melayani penerbangan dari Kupang ke Maumere dan Garuda Indonesia hanya melayani Jakarta-Kupang


Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah sebuah pulau yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara umum, pulau yang terletak di antara gugusan pulau di Labuan Bajo ini memiliki panorama wisata bahari yang menakjubkan. Pulau itu menjadi salah satu primadona wisata karena terdapat taman laut, dengan keanekaragaman ikan hias.
Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur, snorkeling dan menyelam. Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga menarik untuk kegiatan snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.
Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel.


Taman Nasional Komodo




Komodo adalah makhluk besar mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg, atau 100 kg saat perut kosong. Meskipun penampilannya menyeramkan, komodo bukanlah hewan pemburu yang aktif, mereka merupakan predator yang sabar. Di alam liar, komodo biasanya memburu mangsa yang lemah atau sudah terluka. Mereka hanya butuh satu gigitan untuk melumpuhkan mangsanya. Setelah mengintai mangsanya, terkadang hingga berhari-hari, komodo akan memakan mangsanya yang tengah sekarat.

Meski besar ukurannya, bersisik, berkuku tajam, lidah menjulur bercabang dua, serta bentuknya yang purba tetapi Anda tidak perlu takut melihatnya seseram itu karena setiap pengunjung termasuk Anda yang ingin melihat hewan ini akan ditemani jagawana yang sekaligus sebagai pawang. Anda tinggal mematuhi saja semua petunjuk dan saran pemandu berpengalaman ini.



Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah, hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Komodo. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. Pertama kali ditemukan dunia ilmiah tahun 1911 oleh JKH Van Steyn. Sejak saat itu kemudian memperluas tujuan konservasinya juga untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut dan darat.


Taman ini mencakup 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar, banyak juga pulau-pulau kecil lainnya yang jika dijumlahkan memiliki luas tanah 603 km². Total luas Taman Nasional Komodo saat ini adalah 1.817 km². Diperluas hingga 25 km² (Pulau Banta) dan 479 km² perairan laut akan menghasilkan total luas hingga 2.321 km². Setidaknya 2500 ekor komodo hidup di wilayah ini. Komodo berukuran besar biasanya memiliki panjang 3 m dan berat 90 kg. 


Habitat komodo adalah alam terbuka dengan padang rumput savanna, hutan hujan, pantai berpasir putih, batu karang, dan pantai yang airnya jernih. Di kawasan ini, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung.
 
Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Para penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Anda dapat menemukan 385 spesies karang yang indah, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari.



Pulau Komodo
 
Pulau Komodo terletak antara pulau Sumbawa dan Flores dengan luas permukaan 390 km persegi yang dihuni lebih dari 4.000 penduduk dan merupakan bagian dari TNK (Taman Nasional Komodo). 







Disamping Pulau Komodo, TNK meliputi dua kepulauan besar, yakni Pulau Rinca dan Pulau Padar dan beberapa pulau kecil lainnya.
Di TNK terdapat spesies langka yang paling unik di dunia, yakni kadal raksasa yang dikenal dengan nama komodo (varanus komodoensis), kadal terbesar dan terberat di dunia. Keberadaan komodo di Pulau Komodo pertama sekali tercatat oleh ilmuan barat di tahun 1910.





Tips berkelana di TNK:
Memakai baju berwarna soft (lembut) agar tidak menarik perhatian komodo.
Tidak membawa kamera atau barang lainnya dengan cara dijinjing/ditenteng, karena dapat menarik perhatian komodo.
Tidak berisik atau gaduh.
Tidak memasuki area habitat komodo jika sedang dating bulan (menstruasi) karena dikhawatirkan akan diserang, karena penciuman komodo sangat tajam dalam mencium mangsanya.

Membawa air minum secukupnya, karena cuaca panas terik dapat menyebabkan dehidrasi.
Gunakan sunblock (tabir surya), juga sepatu yang nyaman untuk trekking.











Kampung Komodo


Kampung Komodo tidak besar,terdiri kurang lebih 300 keluarga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Melalui pelatihan yang diberikan PT Putri Naga Komodo, beberapa beralih profesi menjadi pengajin yang patung komodo dari kayu yang di jual di Taman nasional Komodo sebagai sovenir. Dalam sehari seorang pengerajin bisa menghasilkan tiga sampai lima patung komodo dalam bentuk sedang.


Pada sore hari ketika matahari menyirami bukit dengan cahaya keemasannya, masyarakat kampung biasanya berkumpul di depan rumah untuk bercengkrama. Beberapa kepala keluarga terlihat bersiap melaut dengan mengurai jala mereka, terlihat juga ada yang sibuk membuat kerajinan patung komodo di depan rumah.

Rumah di kampung ini semuanya rumah berpanggung dari kayu, dengan jalan dari semen yang seadanya dan genangan air limbah yang tak teratur membuat kampung ini terkesan kumuh. Rumah panggung dibuat agar komodo dan binatang buas lain sulit untuk masuk kedalam rumah. Kolong rumah juga berfungsi untuk menyimpan barang dan kadang untuk tempat bercengkrama.

Sore hari pun menjelang, anak-anak pun kembali mengantar kami kembali pulang ke dermaga. Berbaris rapi melambaikan tangannya dari atas dermaga mengiringi kapal kami yang menjauh. Kami terenyuh, ternyata dibalik kehebohan pemilihan tujuh keajaiban dunia yang digembar gemborkan kepada dunia dan memakan biaya banyak (termasuk pulsa telepon saya). Masih tersimpan keprihatinan dalam taraf hidup masyarakat di dalamnya.


Pulau Kanawa


Di Pulau Kanawa saat menjelang sore, air lautnya surut dimana Anda dapat mengambil bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantai. Kejadian ini adalah hal rutin terjadi saat air laut surut. Jauh jalur ditempuh di Pulau Flores yang merentang sepanjang lebih dari 300 kilometer, selayaknya telah menguntai puluhan kenangan berpetualang yang tak terlupakan.





Seperti setumpuk perhiasan yang terkumpul dari Maumere hingga Labuan Bajo, menyimpannya harus di dalam sebuah keranjang yang sama berharganya. Mengunjungi Pulau Kanawa seolah menyiapkan keranjang berharga yang akan membuat semua petualangan di Pulau Flores menjadi sebuah kesempurnaan.

Terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa menyendiri dalam luasnya lautan di sekeliling Taman Nasional Komodo sehingga luas pulaunya yang 32 hektar seperti tak begitu berarti. Akan tetapi, tetap saja bukit batu yang ditumbuhi belukar dan rumput kering di musim kemarau ini bagaikan dialek Italia yang menggoda. Birunya laut yang dibatasi warna hijau kebiruan di bibir pantainya menyeret rasa penasaran seolah gravitasi bumi.

Pulau Kanawa awalnya dibina oleh seorang warga Labuan Bajo, pulau ini diserahkan pengelolaannya pada orang Italia yang mengembangkan 14 bungalow di kaki bukit batu yang menerawang ke arah pantai. Sebuah dermaga kayu cukup untuk melabuhkan beberapa perahu kecil menjulurkan sambutannya hingga tepi karang dan tebing bawah laut. Biru bercampur hijau tepat mengulas kaki gazebo di ujung dermaga. Tak salah lagi, terumbu karang seluas areal yang melingkari pulau itu tumbuh subur, berbinar mengundang mereka yang mendekat.

Setelah menyinggahi Pulau Rinca dan Komodo yang membuka cakrawala pengetahuan fauna Indonesia, setengah lingkaran jam tak perlu dihabiskan terlalu cepat hingga terbenam Matahari di Labuan Bajo. Pulau Kanawa dengan kemewahan langit, pantai, dan terumbu karangnya adalah perhiasan sebelum pergi pulang. Bersoleklah dengan pengalaman satu lagi di jernihnya air dan warna-warni ikan yang bermain di antara bunga laut, terumbu karang, dan bukit pasir di bawah laut.
Bila jatuh hati pada pandangan pertama saat menatap Kanawa, singgahlah untuk menanyakan kemungkinan bermalam di salah satu bungalownya karena itu adalah ide yang paling baik. Dibangun di antara bibir pantai yang jernih dan bukit menjulang, bungalow tersebut dilengkapi tempat tidur nyaman, berkelambu putih dan tempat tidur ayunan yang diapit dua pohon rindang, siap mengakomodir keinginan Anda untuk berlabuh.

Kursi beanbag disusun seperti bioskop di pantai, lengkap dengan peneduh alami menghadap langit menguning saat sunset. Beach café bernama Starfish dan satu lagi di bibir pantai bernama KB’s bar memutar lagu penuh semangat, mengingatkan setiap pengunjung untuk tetap ceria. Perahu dari Labuan Bajo selalu datang pada jam yang telah ditetapkan dan juga berangkat dari pulau ini pada jadwal yang dipatuhi. Pengunjung yang bermalam di sini tak perlu lagi membayar ongkos perahu yang melaut 45 menit dari Kanawa ke Labuan Bajo karena telah termasuk tarif bermalam.
Penyelamkah Anda? Bergegaslah untuk menemui manta ray, hiu paus, dan mola-mola di antara jadwal pertemuan lain dengan parrot fish yang memiliki bejolan besar di kepalanya. Kuda laut pigmi dan beraneka ragam nudibranch adalah hal lain yang mudah ditemukan di sini beserta penyelam lainnya yang selalu bertukar pengalaman sambil menyeruput minuman dingin di Starfish café.




Gua Batu Cermin

Batu Cermin, sebenarnya adalah sebuah terowongan atau gua di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua seperti sebuah cermin. Itulah sebabnya tempat ini disebut batu cermin.
Gua ini terletak di sebelah timur pelabuhan Labuan Bajo sekitar empat kilometer dari pusat kota. Gua ini memiliki hutan di mana Anda dapat menemukan kera ekor panjang dan babi hutan. 

Biro perjalanan menjual paket wisata ke Batu Cermin sebagai bagian dari program tur kota Labuan Bajo.
Setiap hari, ada 2-3 penerbangan dari Bali ke Labuan Bajo oleh TransNusa, IAT (Indonesia Air Transport), dan Merpati. Selain itu, ada dua kali penerbangan seminggu dari Kupang. Perahu motor antar pulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap hari (bila cuaca memungkinkan) dan kapal Pelni dari Bali dan Lombok berhenti di sini setiap dua minggu.
Hotel-hotel biasanya memiliki restoran sendiri. Restoran Gardena (di Hotel Gardena), misalnya, adalah restoran favorit. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan Eropa dan Indonesia. Terkenal dengan ikannya yang manis & asam (Kerapu atau ikan tuna) dan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbenam. restoran lainnya antara lain adalah Paradise Bar dan Pub (dekat Golo Hilltop), Arto Moro, dan Matahari (Paradise dan Matahari memiliki pemandangan indah saat matahari terbenam). Labuan Bajo memiliki banyak penginapan untuk backpacker, juga memiliki hotel-hotel mahal dan mewah.

Pastikan bahwa Anda membawa lotion anti-nyamuk dan obat-obatan anti-malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim anti sinar matahari, topi, dan kacamata hitam, karena cuaca sangat panas di sini selama musim kemarau. Anda juga dapat membeli di supermarket di kota atau di toko hotel.
Anda dapat membeli suvenir di kios dan toko-toko di Labuan Bajo, khususnya di Jalan Yos Sudarso. Di sana, Anda dapat menemukan kain ikat lokal dan kain songket tenun, dan patung kayu komodo. Pedagang asongan juga menjual kalung mutiara, hasil budidaya mutiara yang tidak sempurna.
Anda dapat mengunakan mobil sewaan atau mobil travel dari bandara Labuan Bajo ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, tetapi saat ini harga sebesar Rp 500.000 per hari. Hotel tempat Anda menginap dapat membantu Anda menemukan sebuah mobil sewaan.
Untuk perjalanan Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, hanya beroperasi sampai pukul 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, Anda dapat menyewa kapal motor dan speedboat yang tersedia di pelabuhan.
Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan pulaunya kosong dan Anda dapat pergi ke sana untuk berjemur, menyelam atau snorkeling. Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur. Lautnya cocok untuk snorkeling dan menyelam. Kepulauan Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga cocok untuk snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Pulau Rinca

Umumnya wisatawan lebih memilih Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. Selain lebih mudah menemui komodo, karena luas pulaunya lebih kecil, untuk mencapai Rinca hanya butuh 2 jam dengan boat, sedangkan ke Pulau Komodo 3-4 jam.
Dermaga: Tempat berlabuhnya berbagai kapal local maupun asing, jangan kaget jika disambut oleh komodo yang memang berkeliaran bebas, dengan panjang 2 m.



Pos jaga/konservasi: Sekitar 0,5 km dari gerbang dermaga. Membayar tiket masuk, bagi wartawan/media/peneliti yang besarnya berbeda dengan tiket pengunjung umum. Tiket meliputi: karcis masuk kendaraan air Rp 4.000, tourism fee for conservation Rp 10.000, tanda masuk obyek wisata Pemkab Manggarai Barat Rp 10.000, karcis masuk pengunjung Rp 2.000, totalnya Rp 22.000.




Ranger: Setelah membayar tiket, ranger (pawang komodo) akan memandu menuju bukit. Ranger selalu bersenjatakan sebatang tongkat kayu berbentuk huruf Y. Jika terjadi komodo menyerang tiba-tiba, tongkat ini dipakai untuk menahan leher komodo, dan biasanya komodo akan berhenti menyerang.






Dapur: Rumah panggung berbahan kayu/papan dengan fasilitas soal sel sebagai pembangkit listrik. Di bawah dapur terdapat 6 ekor komodo dewasa berukuran lebih dari 2 m. pada pagi hari setelah pukul 08.00, komodo terlihat malas bergerak. Menurut ranger, sikap ini adalah sikap kamuflase, sebenarnya dalam keadaan siap menyerang jika mencium stimulus bau darah/amis atau hewan lain seperti kambing, rusa, babi, kerbau, sapi atau ikan.



Perjalanan Rute 1 Jam: Menyusuri jalan hutan konservasi, yang dijaga keaslian alamnya bagi habitat komodo. Beberapa komodo melintas umumnya berusia dibawah 2 tahun. Anda akan menjumpai anak komodo berjalan di semak hutan ini, karena bayi komodo setelah dilahirkan hidup diatas pohon untuk menghindar kanibalisme induk komodo. Sarang Komodo: Tempat komodo bertelur dan mengerami telurnya, berdiameter lubang mencapai 1 m dan diberi tanda tali biru security line.
Kantin: Pada akhir rute perjalanan, terdapat tempat beristirahat pengunjung yang memiliki counter souvenir patung kayu komodo. Di tempat ini juga menyediakan makanan minuman kecil. Dekat kantin terdapat display tengkorak aneka jenis hewan korban yang dimakan komodo, mulai dari kepala kerbau, sapi, babi hingga monyet.


Pantai Pede

Pantai ini letaknya sangat strategis yaitu tepat di bibir pantai kota Labuan Bajo. Pantai ini merupakan obyek rekreasi favorit masyarakat setempat maupun dari kota lain di sekitar Kabupaten manggarai Barat untuk menghabiskan akhir pekan. Pantai ini juga merupakan lokasi Acara Puncak Pelaksanaan Sail Komodo tahun 2013 yang lalu.




Khusus pada perayaan HUT RI 17 Agustus, tempat ini sering dijadikan pusat kegiatan tempat dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, panggung atraksi kesenian dan kebudayaan, Tari Caci, juga pameran dan bazar kerajinan local dan kuliner local yang diikuti oleh kelompok masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat.






Untuk menjangkau lokasi pantai ini juga sangat mudah, karena memang terletak di pusat kota yaitu di Jalan Raya Pede. Anda dapat menuju lokasi dengan berjalan kaki yang hanya membutuhkan waktu 5 menit dari pusat kota Labuan Bajo. Atau juga anda dapat menggunakan jasa ojek dengan biaya Rp 3.000.
Sepanjang garis Pantai Pede, juga berdiri banyak hotel-hotel megah dan berbintang diantaranya, La Prima Hotel, Bintang Flores Hotel, Luansa Beach Resort, Jayakarta Suites Hotel. Dan anda juga dapat menemukan hotel-hotel murah. Selain hotel, dikawasan ini juga tersedia banyak restoran dan jasa penyewaan diving.


Pink Beach

Birunya langit dan air laut nan jernih dibingkai hamparan pasir yang putih mungkin sudah menjadi pemandangan biasa saat mengunjungi pantai. Lalu bagaimana apabila keindahan alam pantai tersebut dibingkai dengan hamparan pasir pantai berwarna merah muda? Tentu ini tidak biasa.


Inilah salah satu keindahan yang dapat Anda temukan di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pink Beach atau Pantai Merah adalah satu dari 7 saja pantai berpasir merah muda yang ada di dunia.
Tidak hanya kondisi pantainya yang cantik, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Taman bawah laut Pink Beach adalah rumah bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai cantik ini.
Pink Beach adalah daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak.
Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.
Di dunia, jenis pantai dengan pasir berwarna merah muda ini hanya ada tujuh saja. Enam lainnya adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani. Betapa kaya dan cantik alam Indonesia; satu di antara tujuh pantai berpasir merah muda dapat ditemukan di negeri ini.
Kondisi alam yang masih bersih alami menyuguhkan pesona mengagumkan. Bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya seolah menjaga pantai ini. Kondisi pantai yang sepi dan tak berpenghuni memberi kesan eksklusif bagi siapa pun yang datang. Berada di pantai yang cantik dan eksotik ini tentu banyak sekali kegiatan relaksasi yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan.
Kegiatan yang pertama tentu saja menikmati keindahan alam pantai berpasir pink yang dipercayakan Tuhan jatuh ke kawasan paling timur Indonesia ini. Keindahan pantai berpasir pink ini juga dilengkapi dengan keindahan panorama alam di sekitarnya. Bukit-bukit hijau tampak anggun berlatarkan langit yang super biru berhiaskan awan putih bersih. Pulau-pulau kecil yang nampak dari pantai ini pun melengkapi keindahan Pink Beach. Warna air laut yang hijau toska dan sangat jernih menyibak keindahan taman lautnya yang juga tak boleh dilewatkan. Bahkan karang-karang di bagian yang dangkal dapat terlihat dengan mata telanjang dari atas kapal.
Nah, snorkeling dan diving sudah menjadi semacam kegiatan wajib saat mengunjungi pantai ini. Kondisi taman bawah lautnya masih cantik terjaga, belum banyak mengalami kerusakan. Terdapat banyak keanekaragaman hayati yang penuh warna: ribuan jenis ikan, ratusan jenis terumbu karang baik karang lunak atau keras, dan lain sebagainya. Snorkeling di dekat bibir pantai saja sudah akan memanjakan indera Anda, apalagi jika menyelam lebih dalam. Pastikan Anda membawa perlangkapan snorkeling atau diving saat datang ke pantai cantik ini. Terdapat banyak penyewaan alat-alat snorkeling dan diving di Labuan Bajo, atau Anda dapat menanyakannya pada agen perjalanan atau pemandu Anda.
Berjemur di tepi pantainya yang berpasir lembut dan cantik adalah juga kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Selain itu, berenang dan kayaking juga dapat menjadi pilihan kegiatan saat mengunjungi pantai ini. Fotografi adalah hal yang tentunya sudah pasti asyik dilakukan demi mengabadikan keindahan dan eksotisme alam yang memesona. Pemandangan Matahari tenggelam di pantai ini juga terkenal menakjubkan.
Akan tetapi, perlu diingat kawasan pantai tak berpenghuni ini adalah juga habitat alami bagi komodo. Berhati-hatilah saat melihat hewan ini di sekitar pantai. Tidak disarankan berenang saat komodo terlihat berkeliaran di sekitar pantai karena komodo juga pandai berenang. Bagaimana pun juga, komodo adalah binatang liar yang dapat saja membahayakan manusia. Oleh karena itu, tidak disarankan mengunjungi pantai ini tanpa pemandu berpengalaman dan atau jagawana (polisi hutan).
Pantai yang tak berpenghuni dan sepi ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu. Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang mendunia itu di habitat asli mereka dengan memilih jalur trekking tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca bagian Berkeliling.
Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di pink Beach, pantai yang warna pasirnya tidak biasa ini. Apabila Anda berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan hutan bakau, dibutuhkan waktu sekira 4 jam berjalan kaki sebelum akhirnya tiba di Pink Beach.
Di Labuan Bajo juga terdapat kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang biasanya disewa oleh penyelam yang dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona Flores. Kapal ini juga dapat menjadi pilihan transportasi Anda.
Untuk mencapai Labuan Bajo, terdapat penerbangan dari Denpasar dengan pesawat kecil sejenis Fokker menuju Bandara Komodo selama kurang lebih 1 jam. Dari bandara menuju pelabuhan Labuan Bajo dibutuhkan waktu sekira 10-15 menit berkendara. Anda dapat menyewa mobil untuk menuju pelabuhan.
Tidak terdapat warung atau toko di sekitar Pink Beach, karenanya bawalah bekal makanan dan minuman, obat-obatan, sunblock, topi, kacamata hitam, dan perlengkapan lainnya yang sekira Anda butuhkan selama perjalanan wisata.
Bawalah pakaian ganti dan kenakan juga sepatu yang nyaman untuk trekking di kawasan Taman Nasional Komodo. Kebutuhan perlengkapan diving atau snorkeling dapat diperoleh di Labuan Bajo. Sebaiknya Anda tanyakan pada guide atau agen perjalanan Anda mengenai hal ini.
Berhati-hatilah saat berenang, berjemur, atau snorkeling di kawasan Pink Beach. Jika ada komodo yang berkeliaran di pantai, sebaiknya Anda berhati-hati atau menunda keinginan berenang. Komodo adalah hewan yang juga pandai berenang dan dikhawatirkan hewan ini dapat menyerang sewaktu-waktu. Untuk itulah, mengunjungi pulau-pulau di sekitar kawasan Pulau Komodo dan kawasan pantainya—termasuk Pink Beach—hendaknya dikawal dengan jagawana (polisi hutan) dan atau guide berpengalaman.
Bawalah sampah Anda untuk kemudian dibuang pada tempatnya. Pantai ini masih sangat terjaga kebersihan, keindahan, dan kealamiannya. Sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan.

Sumber : http://tourism.nttprov.go.id


2 comments:

  1. info yg sangat bermanfaat, memang wisata di manggarai tiada dua nya

    Reklamasi Hotspot

    Kalabahi Cyber

    ReplyDelete
  2. Yuk Gabung di NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)

    Tersedia Deposit Via pulsa :
    Telkomsel & XL

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NagaQQ
    Facebook : NagaQQ Official
    Kontakk : Info NagaQQ
    linktree : Agen Judi Online
    WHATSAPP 1 : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM : +855967014811


    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ
    Agen Poker Online
    BERITA NAGAQQ

    ReplyDelete