Friday, March 11, 2016

Destinasi Wisata Bahari di Sumba Barat Daya, NTT

Pantai Bondo Kawango

Pantai Bondo Kawango terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi. Pantai Bondokawango merupakan pantai berpasir putih, memungkinkan untuk beragam kegiatan wisata seperti berjemur, memancing, renang dan lain – lain namun belum tersedia fasilitas untuk kegiatan wisata pantai. Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat lapangan Pasola Bondokawango. Berjarak 40 Km dari tambolaka ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya,jalan aspal kurang terpelihara dengan baik, tersedia angkutan Umum berupa Mini bus dan ojek yang beroperasi setiap hari. Akomodasi dan restoran hanya tersedia di kota Tambolaka.

Pantai Waikelo






Pantai Waikelo terletak di Desa Rada Mata, Kecamatan Loura. Pantai waikelo merupakan lokasi Pelabuhan kapal Fery dan Pelabuhan Bongkar Muat barang. Yang menghubungkan kabupaten Sumba Barat Daya dan dengan daerah lain melalui jalur laut. Di pantai ini anda dapat menyaksikan sunset yang sangat indah pada sore hari. Berjarak 5 Km dari Tambolaka ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya sehingga sangat mudah untuk memperoleh akomodasi dan restorant karena dekat dengan kota Tambolaka. Jalan aspal terpelihara baik dan tersedia angkutan umum berupa mikrolet dan ojek.

Pantai Tanjung Karoso






Pantai Tanjung Karoso terletak di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara. Pantai Tanjung Karoso merupakan pantai berpasir putih yang sangat panjang dengan badan air yang jernih dan tenang, sangat cocok untuk aktivitas rekreasi pantai dan olah raga air seperti berjemur, memancing, jet sky, bersepeda air, paraseling dan lain-lain. Fasilitas untuk kegiatan wisata pantai belum tersedia di obyek wisata ini. Di pantai ini juga terdapat tempat pendaratan ikan oleh para nelayan. Berjarak 30 km dari Tambolaka Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Jalan beraspal terpelihara baik. Tersedia angkutan umum berupa Mini Bus sampai Kori yang beroperasi setiap hari dan dilanjutkan dengan ojek, atau dapat juga menggunakan travel dari kota Tambolaka langsung ke obyek wisata. Akomodasi dan restoran hanya tersedia di kota Tambolaka.

Pantai Ratenggaro






Pantai Tarenggaro terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo. Pantai ini merupakan kombinasi wisata alam dan budaya karena dekat pantai terdapat situs kampung adat Ratenggarodengan kubur – kubur batu tua yang unik dan bersejarah persis di pinggir pantai. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dengan gulungan yang panjang sehingga sangat cocok untuk kegiatan seperti surfing, namun belum tersedia fasilitas untuk kegiatan wisata pantai. Berjarak 48 km dari Tambolaka ibukota kabupaten Sumba Barat daya, jalan sudah beraspal yang menghubungkan antara kota tambolaka, Kecamatan Kodi dan Kecamatan Kodi Bangedo dan sampai di Lokasi Obyek Wisata. Tersedia Angkutan umum berupa Mini Bus sampai di Bondo Kodi dan dilanjut dengan menggunakan Ojek, atau bisa menggunakan travel dari kota Tambolaka langsung ke obyek wisata. Akomodasi dan restoran hanya ada di kota Tambolaka.

Pantai Wainyapu

Pantai Wainyapu terletak di Desa Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar. Pantai Wainyapu merupakan pantai berpasir putih dan memiliki ombak yang cukup besar. Cocok untuk kegiatan wisata seperti Surfing atau berjemur, namun fasilitas untuk kegiatan wisata pantai belum tersedia. Berjarak 54 Km dari Tambolaka ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. 



Jalan aspal terpelihara baik dan sekitar 3 km jalan masih pengerasan menuju ke pantai. Pantai ini dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan umum mini bus dari kota Tambolaka sampai Bondo Kodi dan dilanjutkan denganojek, atau bisa menyewa travel langsung dari kota tambolaka ke obyek wisata. Akomodasi dan restoran hanya ada di kota Tambolaka.



Pantai Mandorak

 Pantai Mandorak terletak di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara. Pantai pasir putih yang berhiaskan batu karang dengan deburan ombak yang keras menjadi daya tarik alam yang unik. Pantai ini terletak jauh dari kota dan terhindar dari keramain sehingga anda akan merasa sangat tenang ketika berada di pantai ini. Di pantai ini telah tersedia akomodasi berupa bungalow (Mandorak Bunglow). Berjarak 42 Km dari Tambolaka Ibukota kabupaten Sumba Barat Daya, jalan sudah beraspal dan sekitar 4 km jalan masih pengerasan menuju obyek. Belum ada angkutan umum menuju obyek wisata dan harus menyewa travel atau ojek.





Pantai Newa

 Pantai Newa terletak di Desa Rada Mata, Kecamatan Loura. Pantai Newa merupakan salah satu pantai yang tertutup untuk umum sehingga sangat cocok untuk anda yang membutuhkan ketenangan sambil menikmati suasana pantai atau melakukan aktivitas pantai yang jauh dari keramain. Di pantai ini terdapat akomodasi. Berjarak 7 Km dari Tambolaka ibukota Kabupaten sumba Barat Daya, jalan sudah beraspal dan tersedia angkutan umum berupa mikrolet, ojek, atau menggunakan travel.
 

 

 

 

 

 

Pantai Oro

Pantai Oro terletak di Desa Wee Pangali, Kecamatan Loura. Pantai Oro merupakan pantai berpasir putih yang masih alami memiliki panorama alam bawah laut yang eksotik. Kegiatan wisata seperti berjemur, diving, snorkeling dan memancing dapat dilakukan dipantai ini, namun belum tersedia fasilitas untuk kegiatan – kegiatan wisata pantai. Berjarak 14 Km dari Tambolaka ibukota kabupaten Sumba barat daya, jalan aspal terpelihara baik dari Tambolaka sampai kantor Satuan Brimob, pengerasan sekitar 5 km menuju pantai. Tidak ada angkutan umum menuju Obyek Wisata, harus menyewa travel atau ojek.

Pantai Pero

Pantai Pero terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi

Pantai Pero terkenal dengan pantai pelabuhan para nelayan karena disekitar pantai terdapat kampung nelayan yang sehari – hari melakukan aktivitas menangkap ikan sebagai mata pencharian utama. Kegiatan para wissatawan sangat unik karena menggunakan cara – cara tradisional dan ramah lingkungan dalam untuk menangkap ikan. Para pengunjung bisa langsung memesan ikan hasil tangkapan nelayan untuk di panggang.Berjarak 45 Km dari Tambolaka Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, jalan aspal terpelihara baik, tersedia
angkutan umum berupa mikrolet dan ojek sepeda motor. Akomodasi dan penginapan hanya ada di kota Tambolaka.















































Pantai Watu Maladong






Pantai Watu Maladong terletak di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Balaghar. Pantai watu maladong merupakan pantai dengan panorama alam berupa 5 buah gugusan batu Karang yang berada dilaut yang menyimpan cerita unik berkerakter mistis. Pantai ini masi alami dengan tebing – tebing batu karang yang tinggi di pinggir pantai dan cocok untuk aktivitas memanjat tebing. Berjarak 57 Km dari Tambolaka Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya, jalan aspal terpelihara dengan baik dari Tambolaka sampai dengan SDN Panenggo Ede 1. Tersedia angkutan umum berupa mini Bus sampai Walandimu Ibukota kecamatan Kodi Bangedo dan dilanjutkan dengan ojek, untuk mencapai tempat ini relatif sulit karena letak Obyek Wisata ini agak terpencil sehingga harus menyewa travel atau ojek.Akomodasi dan restoran hanya ada di ibukota Tambolaka.

Pantai Mananga Aba



Pantai Mananga Aba terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura. Pantai Mananga Aba merupakan pantai berpasir putih yang sangat panjang dengan badan air yang jernih dan tenang, sangat cocok aktivitas rekreasi pantai. Pantai ini ramai dikunjungi pada hari – hari libur karena lokasinya mudah dijangkau dalam waktu yang relative singkat. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan wisata seperti berjemur, memancing, jet sky, bersepeda air, dan paraseling, namun belum tersedia fasiltas untuk kegiatan wisata pantai tersebut. Berjarak 13 Km dari Tambolaka Ibukota Kabupaten Sumba Barat daya, dengan jalan aspal terpelihara baik. Tersedia angkutan umum berupa mikrolet, ojek, atau bisa juga menyewa travel dari ibukota Tambolaka. Akomodasi dan restoran hanya tersedia di pusat kota Tambolaka.

Sumber : http://tourism.nttprov.go.id
 

No comments:

Post a Comment