Thursday, March 10, 2016

Destinasi Wisata Bahari di Sabu Raijua, NTT



Benteng Ege dan Batu Gong

Benteng Ege dan batu Gong adalah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Liae. lokasi kedua objek wisata tersebut berdekatan, sehingga ketika wisatawan mengunjungi Benteng Ege dapat pula melihat Batu Gong. Benteng Ege adalah pertahanan dari susunan batu karang berlapis-lapis didirikan untuk menahan serangan musuh, sedangkan Batu Gong adalah batu karang yang ada di daerah pesisir yang dapat mengeluarkan suara gong ketika dipukul. Uniknya suara yang dikeluarkan seperti halnya suara gong dari berbagai ukuran.
 



Pantai Napae

Pantai Napae berlokasi di Kecamatan Sabu Barat. Letak objek wisata ini tidak jauh dari pelabuhan laut Seba dan Bandar Udara Tardamu. Hal ini memudahkan wisatawan untuk menjangkau destinasi ini ketika berada di Sabu Barat. Pasir putih sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik bagi wisatawan. Lokasi wisata ini juga dilengkapi fasilitas seperti Lopo/Gazebo berarsitek khas Sabu dengan atap dari daun lontar dan alang-alang.

 

Pantai Seba

Pantai Seba, yeng terletak di Seba memiliki pasir putih yang bagus untuk mandi, jemur dan selam. Jaraknya 2 km dari kota kecamatan




Pantai Bollow
Di Kecamatan Sabu Timur, Pantai Raijua dan Pantai Seba di Kecamatan Sabu Barat memiliki daya tarik pasir putih, dan cocok pula untuk menyelam. Potensi wisata budayanya juga tak kalah menarik dengan adanya kuburan Raja Koroh di Desa Teunbeun Kecamatan Amarasi yang merupakan tempat bersemayamnya raja-raja Amarasi. Letaknya 28 km dari Kota Kupang. Yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Batu Megalitik Namata di Desa Railolo Kecamatan Sabu barat memiliki daya tarik batu-batu megalitik, perkampungan adat dan rumah adat. Sementara di Tenihau terdapat istana/Rumah Adat Raja Sabu.
Upacara adat mewarnai kehidupan masyarakat NTT antara lain upacara Kolouju di Ledeunu Kecamatan Raijua sebagai ungkapan rasa terimakasih atas hasil panen. Di desa lainnya Pahoru/Wodho Kecamatan Sabu Barat. Juga dikenal dengan upacara adat penyambutan hasil panen ini yang berlangsung selama satu minggu. Salah satu atraksi uniknya adalah kegiatan mencambuk kaki dengan rotan antara kelompok atau suku di| lapangan terbuka. Tempat-tempat bersejarah juga menjadi daya tarik wisata di Kabupaten kupang antara lain yang menarik dan patut dikunjungi adalah Monumen veteran Australia di Oesao Kecamatan Kupang Timur. Berjarak 20 km dari Kota Kupang. Monumen ini dibangun untuk memperingati tentara-tentara Australia yang tewas melawan tentara Jepang dalam peperangan yang berlangsung tahun 1942 dengan menelan banyak korban.



Sumber : http://tourism.nttprov.go.id

No comments:

Post a Comment